Di museum History of Java para pengunjung memperoleh pengalaman wisata sejarah yang sesuai tujuan dan minat pada sejarah budaya Jawa. Sangat mudah ditemukan, Museum yang ikonik dengan bangunan berbentuk Piramida Jawa ini tepat berada di Jalan Parangtritis Km 5.5, Sewon, Bantul. Menariknya, di museum ini terdapat banyak sekali keunikan benda koleksi bersejarah, dan bahkan teknologi Augmented Reality menjadi daya tarik tersendiri.

Seringkali pengunjung Museum History of Java mengungkapkan apabila mereka kagum pada tatanan ruang koleksi, fasilitas, hingga teknologi yang sangat supportif terhadap nilai-nilai edukasi serta hiburan.

Tak jarang, eksplorasi terlama di museum ini bisa mencapai 2-3 jam oleh karena luasnya zona ruangan, serta jumlah koleksi yang mencapai jumlah ratusan benda. Namun tak perlu khawatir akan kebingungan pada informasinya sebab sudah tersedia story teller atau pemandu yang berpengalaman.

Pengunjung dapat bertanya atau berdiskusi dengan pemandu museum mengenai segala hal menarik tentang koleksi museum ataupun cerita sejarah yang melingkupinya. Nah, apakah anda pernah mengikuti media social Museum History of Java melalui TikTok, Instagram, facebook, ataupun Website? Ini bisa jadi kesempatan terbaik bagi Anda bersama teman dan keluarga saat berada di Kota Yogyakarta.

Adanya peran media social telah berhasil mendekatkan publik dengan museum History of Java sejak berdiri pada 2018. Sehingga kedekatan dunia virtual yang terjalin akan kemudian hari terwujud melalui pertemuan satu sama lain.

Mengeksplor Museum History Of Java

Di dalam museum History of Java terdapat sejumlah ruangan yang bisa anda jelajahi secara menyeluruh. Mulai dari ruang teater untuk menonton film purbakala Jawa, ruang koleksi yang mengisahkan era Purbakala Jawa, Jaman Hindu-Buddha, Jaman Persebaran Islam di Jawa, hingga Jaman Kerajaan Mataram Islam.

Selain itu terdapat ruang pertunjukan 4D, dimana ruangan ini berguna untuk melihat tayangan 4D yang menayangkan film Dinosaurus. Ada juga ruang diorama yang terdiri dari 7 background foto raksasa bertema kehidupan Jawa tempo dulu.

Manfaatkan Teknologi Augmented Reality

Agar anda bisa menikmati dan mengeksplorasi semua yang ada di dalam Museum History of Java ini dengan sempurna. Maka terlebih dahulu anda harus download aplikasi Android yang namanya History of Java Museum AR. Aplikasi ini bisa anda unduh melalui Google Play. Bila proses download dan install sudah selesai, anda dapat berinteraksi dengan berbagai macam fasilitas Augmented Reality yang ada di dalam museum ini.

Teknologi Augmented Reality di Museum History of Java menggabungkan obyek maya dua dimensi ataupun tiga dimensi dalam sebuah ruang realita, lalu memproyeksikan secara realitas dalam waktu nyata. Uniknya, teknologi AR dapat menyisipkan suatu informasi tertentu ke dalam dunia maya dan menampilkannya di dunia nyata, seperti halnya HP Android pada aplikasi “History of Java Museum AR”.

Pentingnya Museum History of Java yang Informatif

Sebagai wadah informasi kepada masyarakat, Museum History of Java telah berbagi pengetahuan melalui sejumlah media social, yang penuh dengan kreatifitas, informasi, dan pengetahuan budaya. Disinilah tumbuh minat eksploratif untuk selalu mencari informasi mengenai Museum History of Java dan segala daya tarik positifnya. Kita dapat belajar berbagai hal menarik dari dokumentasi para pengunjung Museum History of Java yang selalu terlihat senang selama kunjungan berlangsung. Terutama dengan anak-anak dimana mereka dapat bereksplorasi seluas-luasnya. 

Ayoo, berkunjung ke Museum History of Java di Pyramid Rest Area, Jalan Parangtritis, Sewon, Bantul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here