Dunia sejarah Museum History of Java di Yogyakarta tidak terlepas dari media sosial yang pastinya berpengetahuan. Diantaranya Website, Instagram, dan juga kanal Youtube. Disitu sumber informasinya sangat beragam. Sobat Museum dapat berkenalan secara virtual dengan suasana Museum yang ikonik serta berteknologi Augmented Reality ini. 

Jika belum sempat berkunjung dalam waktu dekat gak ada salahnya menjelajah media sosialnya terlebih dulu. Nah, daripada bertanya-tanya penasaran, cobalah follow sejumlah akun media sosial History of Java Museum. Selain itu sobat dapat menyimak rating 4.5 bintang pada ulasan Google review. Artinya rating tersebut ialah tanda jika Museum History Of Java selalu dinilai positif oleh pengunjungnya.

sumber : visitingjogja.com

1. INSTAGRAM 

: @thehistoryofjavamuseum

Jika sobat Museum memiliki akun instagram segera follow IG : @thehistoryofjavamuseum. Disini tersedia berbagai macam video singkat yang sangat informatif. Perjalanan Museum History of Java yang selama bertahun-tahun mengisi dunia medsos terekam disana. Mulai dari cerita kunjungan, video event peringatan hari bersejarah dan keagamaan, informasi sejarah serta budaya, dan lain sebagainya. Pokoknya sangat menarik!

2. WEBSITE 

historyofjavamuseum.com

Di dalam website Museum History of Java sobat Museum dapat menyimak ulasan tentang Museum History of Java secara keseluruhan. Seperti halnya keberadaan alamat Museum, pembagian ruang dari awal sampai akhir, apa saja benda koleksi dan ceritanya, bagaimana seluruh teknologi Museum diaplikasikan, harga tiket masuk, hingga nomor kontak yang dapat dihubungi.

3. BLOGGER 

https://ochamanuskrip.blogspot.com

Apabila sobat Museum ingin lanjut membaca informasi tertulis melalui blog, segera langsung saja menuju alamat https://ochamanuskrip.blogspot.com. Di dalam blog ini diulas berbagai kegiatan sehari-hari Museum History of Java. Terutama kunjungan oleh sekolah-sekolah di Jogja dan sekitarnya, bahkan dari luar Yogyakarta.

5 RUANG EDUTAINMENT MUSEUM HISTORY OF JAVA 

Saat kamu berkunjung nanti akan ditemani langsung oleh Guide Museum yang  berpengalaman.Dengan begitu kamu dapat belajar sejarah dengan menggunakan berbagai teknologi menarik di dalam Museum. Seperti aplikasi History of Java AR yang dapat didownload melalui Playstore untuk Android. Aplikasi ini akan digunakan untuk bermain Augmented Reality (AR) dimana sejumlah gambar akan tampak keluar dari layar ponsel kamu secara tampilan 3D. Begitupun teknologi video yang disebut QR Video Movie melalui aplikasi History of Java AR.

1. Ruang Theater : Pemutaran Film Tentang Migrasi Austronesia

Film berdurasi sekitar 7 menit ini mengisahkan sejarah terbentuknya Tanah Jawa hingga kedatangan Manusia Purba dari bangsa-bangsa Melayu Kuno (Proto dan Deutro Malay).

2. Ruang Koleksi dan Paviliun Keraton

Sobat Museum, di Museum History of Java tersimpan beragam cerita luar biasa. Disana kita mengenal berbagai kisah Peradaban Sejarah dan Budaya di Tanah Jawa. Dimulai dari periode manusia prasejarah Jawa dari perpindahan bangsa-bangsa Austronesia ke Jawa, beserta kepercayaan kuno saat itu. Alkisahnya pun berlanjut hingga zaman kerajaan Hindu-Buddha yang tertua hingga terakhir.

 Periode Hindu-Buddha akhir akan memulai cerita persebaran Islam di Jawa. Terutama oleh Wali Songo dan Kerajaan Demak. Selanjutnya kita mulai mengenal asal-usul sejarah Kerajaan Mataram Islam. Sebuah kerajaan Islam terbesar yang menurunkan raja-raja Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta. Salah satunya Sultan Agung Hanyokrokusumo. 

                                                            Gambar Sultan Agung dengan Barcode AR

PAVILIUN KERATON – SPOT FOTO WAYANG

3. Ruang 3D Animasi Dinosaurus

Di dalam ruang ini pengunjung bisa nonton film 3D Animasi Dinosaurus. Kisahnya tentang kasih sayang induk dinosaurus yang menjaga anaknya saat berpetualang. Supaya dapat menyaksikan gambar 3D maka pengunjung harus memakai kacamata 3D yang telah disiapkan oleh pemandu Museum. 

4. DIORAMA ROOM

Saatnya berfoto! Ruang diorama ini dapat digunakan untuk berfoto sendiri ataupun beramai-ramai. Tersedia beragam spot foto berlayar 3D yang sangat menarik. Suasana foto akan tampak seperti kehidupan Pulau Jawa tempo dulu. Serta tampilan foto bertema petualangan dimana kamu pun boleh memakai berbagai properti yang tersedia disana. 

5. LITTLE MALIOBORO : SPOT FOTO OUTDOOR

Seperti namanya replika pedestrian Malioboro ini sangat cocok untuk berfoto terutama berlatar belakang outdoor yang instagramable. Gimana, seru kan!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here